Jumat, 28 Mei 2010

cegah penyakit di musim hujan

Aduh akhir-akhir ini hujan makin sulit diprediksi jadinya chemonk kehujanan terus nie.kalau dulu hujan selalu akan tiba pada akhir tahun. Tapi sekarang tidak tu. Huajn makin sulit diprediksi mungkin ini salah satu akibat dari pemanasan global. Kalau hujan sudah mengguyur Indonesia bukan hanya banjir ni yang bakal menyerang Indonesia tapi juga berbagi penyakit yang akan menyertainya. Penyakit seperti flu, demam berdarah bahkan diare sudah tidak asing lagi buat rakyat Indonesia terutama daerah Jakarta yang sering dilanda banjir. Nah lkali ini chemonk mau sedikit berbagi ilmu tentang bagaimana sakit bawaan pada musim penghujan. Semoga tips ini bermanfaat ya.
Cara kita mencegah flu
• Mencuci tangan
Sebagian besar virus flu menyebar lewat kontak langsung, jadi usahakan lah untuk mencuci tangan sesering mungkin pakai sabun kalau bisa dengan air hangat ya.
• Jangan menyentuh muka
Biasanya ni virus flu masuk ke tubuh lewat mata, hidung, atau bahkan mulut. Jadi jangan terlalu sering menyentuh bagian muka apalagi belum cuci tangan.
• Konsumsi makanan mengandung phytochemical
Phytochemical adalah bahan kimia alami yang ada pada tumbuhan yang member vitamin pada makanan. Zat jenis ini terdapat pada buah dan sayur segar yang berwarna hijau, merah dan kuning gelap. Usahakan banyak makanan seperti ini ya.
• Minum multivitamin
Multi vitamin berfungsi untuk membangun system kekebalan tubuh atau yang sering disebut dengan imunitas. Dengan meningkatkan sestem kekebalan tubuh kita tidak gampang terkena suatu penyakit. Jadi gak ada salahnya kalau kita mengkonsumsi minimal 1 butir multivitamin.
• Mnum banyak air
Fungsi air adalah mengangkat racun-racun yang ada dalam tubuh. Orang dewasa butuh 8 gelas air dalam sehari. Jadi usahakan untuk selalu minum banyak air ya untuk mengangkat racun dalam tubuh.
Cara mencegah demam berdarah atau DBD sangat mudah yaitu:
• Cukup dengan 3M yaitu Mengubur, menguras, dan menutup.
• Rajinlah kita membersihkan selokan, bak-bak air dan genangan air usahakan lah selalu agar jentik nyamuk tidak berkembang biak.
• Menaburkan bubuk abate di tempat penampungan air bersih.
• Pakailah lotion nyamuk sebelum tidur dan sebelum berangkat kuliah,kerja ataupun sekolah.
Cara mencegah diare sangat mudah yaitu:
• Ketika musim hujan tiba, selokan-selaokan biasaanya meluap dan membawa parasit,cacing bahkan amoeba.untuk mencegah diare mudah sekali cukup menjaga kebersihan, biasakan mencuci tangan dan kaki setelah berpergian.
• Guanakan alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau kulit masuk lewat kulit.
• Pastikan selalu minum air yang sudah matang diatas temperature 100 derajat celcius. Ini untuk memastikan bahwa tidak ada satupun kuman yan tertinggal di dalam air yang kita minum.
• Hindari jajan disembarang tempat.
Nah demikan lah tips kali ini mudah-mudahan bisa bermanfaat… amin….

2 komentar:

  1. udah musim panas sepertinya :)

    BalasHapus
  2. salam sahabat
    bagus juga nih jkebetulan di china asih sering hujan jadi referensi buat saya mas,oh iya dah sata follow mas kalau sedia follow balik buat saya thanxs n good kuck eh good luck

    BalasHapus

komentar dan kritik yang membangun sangat saya harapkan...
tapi jangan spam ya..........