Jumat, 28 Mei 2010

fungsi air dalam performa olahraga

nah sekarang ini chemonk lagi giat – giatnya olahraga beban biar badannya gede gitu.hehehehe.. Tapi suka lemes kalau kekurangan air makanya chemonk cari-cari informasi biar olahraga chemonk ga lemes lagi. Nah sekarang chemonk tau bagaimana caranya agar olahraga chemonk ga lemez. Nah infonya ini chemonk dapet dari situs www.sportindo.com. Nah sekarang info ini mau chemonk bagi buat temen-temen yang hobinya olahraga. Biar temen-temen tau apa fungsi air dan manfaatnya. Nah capcus aja deh. Hehehehe,,,,,,

Para atlit harus minum 500 ml air dua jam sebelum beraksi dalam suatu pertandingan olahraga. Lalu harus minum lagi 300-500 ml air setiap 30 menit selama pertandingan. Namun tentunya para atlit yang aktifitasnya lebih rendah tidak harus sebanyak itu. Sementara para atlit yang bertanding dengan intensitas aktifitas fisik yang tinggi dalam kondisi suhu atau cuaca yang hangat atau panas tentunya memerlukan asupan cairan lebih banyak lagi.
Retensi Urin
Banyak orang percaya jika banyak mengkonsumsi air akan menyebabkan retensi urin. Padahal faktanya justru sebaliknya. Minum air membuat tubuh mampu membersihkan diri dari kelebihan sodium, yang mengakibatkan berkurangnya retensi urin. Tubuh akan menahan cairan dalam tubuh jika kandungan air dalam sel-sel terlalu sedikit. Jika tubuh menerima asupan air secara reguler, maka tubuh tidak perlu menyimpan air dan karenanya akan mengurangi retensi urin.
Jumlah Asupan Air yang Dianjurkan
sangat dianjurkan mengkonsumsi 6-8 gelas (masing-masing 150 ml) air atau berbagai jenis cairan setiap hari. Konsumsi ini dianjurkan untuk mereka yang kurang beraktifitas fisik, para manula, berada dalam suhu atau cuaca dingin, dan yang banyak mengkonsumsi makanan mengandung banyak air. Konsumsi lebih dari 8 gelas sehari dibutuhkan oleh mereka yang termasuk aktif beraktifitas fisik, anak-anak, berada dalam suhu atau cuaca hangat atau panas, dan ibu-ibu menyusui (yang memerlukan 750-1,000 ml tambahan cairan).
Sumber-sumber Cairan
Cairan diantaranya termasuk air segar dan lain-lainnya seperti jus, minuman ringan (soft drink), kopi, teh, susu, dan sup. Air segar merupakan minuman terbaik karena tidak mengandung kalori dan mengandung fluoride yang baik bagi gigi. Sementara susu termasuk penting (khususnya untuk anak-anak) dan teh dapat menjadi antioksidan yang dapat melawan penyakit jantung dan kanker. Buah-buahan segar lebih baik daripada jus buah karena mengandung lebih banyak serat dan nutrisi serta mengandung lebih sedikit gula. Minuman ringan (soft drink) sebaiknya dihindari karena kandungan kalori dan gula yang tinggi tetapi rendah kandungan nutrisi.
Air Mineral Mengandung Garam
Beberapa jenis air mineral banyak mengandung garam yang dapat membuat retensi urin, kembung, dan bahkan meningkatkan tekanan darah pada orang tertentu. Batasi jumlah konsumsi air mineral atau pilihlah jenis yang rendah sodium (kurang dari 30 mg sodium per 100 ml air mineral).
Yang harus Diingat oleh kita bahwa:
• Air sangat penting bagi kebanyakan fungsi-fungsi tubuh;
• Tubuh tidak dapat menampung air dan karenanya memerlukan asupan air segar setiap hari;
• Kondisi dehidrasi sangat mengancam keselamatan bayi dan membutuhkan perawatan medis secepatnya;
• Sangat dianjurkan mengkonsumsi sekitar delapan gelas air per hari untuk mencegah dehidrasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentar dan kritik yang membangun sangat saya harapkan...
tapi jangan spam ya..........