Selasa, 19 Oktober 2010

Manfaat bernyanyi untuk kesehatan




Alhamdulillah saya bisa postingan lagi setelah sekitar dua minggu ga posting. Postingan saya kali ini membahas tentang manfaat bernyanyi untuk kesehatan . semoga postingan ini bisa bemanfat ya…..

Menjadikan hidup sehat itu ga hanya dari olahraga, makan teratur dan istirahat yang cukup. Ternyata dengan bernyanyi pun kita bisa menjadikan hidup ini lebih sehat. kita ga perlu malu ketika kita ingin bernyanyi dan Kita ga perlu menjadi seorang penyanyi yang mempunyai suara indah ketika kita ingin bernyanyi. Yang lebih penting adalah kita bernyanyi untuk menghibur diri sendiri sekaligus pelepas penat setelah seharian beraktifitas.
Dengan kita bernyanyi di sela-sela aktifitas kita secara otomatis bisa mendatangkan perasaaan gembira di hati. Dan saraf-saraf yang tadinya tegang akibat berfikir terlalu keras bisa kendur dalam sekejap karena bernyanyi. bernyanyi juga bisa mendatang kan energy positif pada tubuh kita. Selain itu manfaat bernyanyi menurut graham Welch, pakar pendidikan music di university of London adalah :
1.Memperpanjang umur
Menyanyi sama dengan melatih kerja organ paru-paru dan jantung secara optimal. Menyanyi juga bisa memperbaiki postur tubuh dan juga bisa mengencangkan otot perut dan punggung apabila dilakukan dengan benar. Dan tak lupa menyanyi juga bisa membersihkan saluran pernapasan.
2.Sama dengan manfaat aerobic
Manfaat bernyanyi juga sama dengan manfaat aerobic. Bisa melancarkan oksigen dalam darah dan juga bisa melatih otot besar di bgian atas tubuh.
3.Mengurangi stress
Dengan bernyanyi perasaan gembira bisa datang. Dan stress pun berkurang karena rasa gembira tersebut.
4.Bisa memproduksi hormone baik
Orang yang suka bernyanyi mempunyai hormone endorphin yang tinggi. Ini bisa di rasakan dengan tingkat relaksasi yang ada pada tubuhnya.
5.Meningkatkan rasa kebersamaan
Dengan bernyanyi bersama – sama berarti kita sedang berbagi kegembiraan untuk orang lain.
Dan rasa kebersamaan pun akan muncul.
Nah setelah tahu manfaat bernyanyi. mulailah bernyanyi dengan lagu yang kita suka. Tularkan lah kebiasaan menyanyi ini pada kerabat dan saudara kita.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar dan kritik yang membangun sangat saya harapkan...
tapi jangan spam ya..........