Selasa, 20 April 2010

6 penyebab masalah sulit tidur

Tidur merupakan suatu kebutuhan pokok setiap makhluk hidup khususnya manusia. Tetapi ada sebagian orang yang mempunyai gangguan sulit tidur atau yang disebut dengan insomnia. Orang yang menderita insomnia di tandai dengan gejala – gejala seperti sulit untuk tidur, ketika sudah tidur mudah sekali untuk terbangun dan sulit untuk tertidur kembali. Jika insomnia ini hanya berlangsung beberapa hari biasa disebut dengan insomnia sementara, tetapi akan menjadi kronis jika insomnia ini eterjadi setiap malam dalam kurun waktu yang berbulan – bulan. Jika keadaan ini terus dibiarkan akan memperparah keadaan fisik kita.
Sebenarnya insomnia ini bukan lah suatu penyakit melainkan suatu gejala dari masalah lain entah itu masalah fisik, emosi, aau tingkah laku.
lainnya. Berikut adalah 6 penyebab masalah yang menyebabkan sesorang bisa mengalami insomnia:
1. Stress
Banyak Para ahli menganggap bahwa strees adalah penyebab utama orang menderita gangguan insomnia dalam kurun waktu yang pendek. Pemicu strees ini antara lain tekanan pekerjaan, masalah pernikahan, kemiskinan, kematian dan lain – lain. Insomnia akan berakhir jika maslah yang sedang di hadapi sudah teratasi.
2. Depresi
Penelitian yng khusus mengamati tentang tidur menemukan adanya ketidaknormalan pada tidur seseorang yang mengalami depresi. Peneliti ini menujukkan bahwa 90 % orang yang depresi mengalami gangguan pada tidurnya. Hal ini dapat menccakup dai masalah terbangun lebih awal sampai kelebihan tidur. Obat anti depresi dapat membantu masalah ini.
3. Naik dan turunnya produksi hormone wanita.
Awal dan akhir siklus menstruasi pada wanita, kadar hormone progesterone yang rendah dapat menyebabkan wanita untuk sulit tidur. Mengurangi konsumsi kafein, alcohol dapat mengurangi memperparahnya keadaan.
4. Alkohal dan kafein.
Mengkonsumsi alcohol dan kafein terlalu berlebih apalagi di konsumsi menjelang jam tidur akan mengakibat kan orang sulit untuk merasakan tidur nyenyak. Kafein sebagai efek zat perangsang
Membuat kita sulit tidur selama 10 jam setalah kamu mengkonsumsinya, terutama pada orang tua yang mempunyai metabolism yang rendah. Untuk alcohol meskipun mampu member efek tidur nyenyak pada yang mengkonsumsi tetapi juga akan mengacaukan tidur si pengkonsumsi jika efek alcohol itu sudah habis.
5. Sakit dan kondisi medis kronis
Beberap orang tidak bisa tidur nyenyak di karenakan ada suatu kondisi medis yang membuat mereka tidak nyaman. Rasa sakit akibat radang sendi, sakit kepala, dll bisa mengakibatkan orang yidak bisa tidur nyenyak. Periksalah kedokter jika anda merasa sakit agar tidur anda idak terganggu lagi.
6. Obat – obatan
Obat tertentu seperti corticosteroid dan beberapa obat untuk mengatasi darah tinggi, asma, dan depresi dapat menggangu tidur anda. Banyak obat – obatan umum termasuk obat mengatasi hidung mampat, obat menurunkan berat badan, dll , yang mengandung zat perangsang seperti pseudoephedrine dan beberapa formula dari aspirin juga mengandung zat perangsang kafein. Jadi cek obat- obatan anda dengan bantuan dokter.
Mudah – mudahan postingan ini bisa bermanfaat ya dan jangan lupa sebelum tidur cuci tangan, gosok gigi, dan baca doa ya………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar dan kritik yang membangun sangat saya harapkan...
tapi jangan spam ya..........