Senin, 07 Maret 2011

kecil jadi kawan, besar jadi lawan



Api merupakan salah satu kebutuhan manusia. Selain untuk memasak api juga digunakan untuk menyalakan kendaraan bermotordan masih banyak lagi kegunaan api di kehidupan sehari-hari kita. Di samping mempunyai manfaat yang besar, zat yang sering di sebut sebagai si jago merah ini pun sangat mudah marah lho. Kalau si jago merah ini marah apapun di lahapnya dan tidak sedikit pula kerugian yang di timbulkan oleh si jago merah ini kalau sedang marah. Ya begitulah sifat api kecil jadi kawan, besar jadi lawan.
Banyak yang sudah menjadi korban amukan si jago merah ini. Nah dari banyaknya kebakaran yang di timbulkan si jago merah ini, sosialisasi kepada masyarakat untuk pencegahan kebakaran adalah jalan yang efektif untuk membuat suatu gerakan anti kebakaran. Dengan adanya sosialisasi pencegahan kebakaran kepada masyarakat luas kebakaran bias diatasi. Dengan kita mensosialisasikan kebakaran berarti kita sudah berbagi informasi kepada masyarakat luas bagaimana kita bias mencegah kebakaran itu agar tidak terjadi.
Berikut ini adalah saran atau tips untuk mencegah kebakaran
1. Hati – hati lah dengan tabung gas yang bocor
Tabung gas yang bocor sangat bisa memicu kebakaran. Oleh karena itu periksalah tabung anda sebelum memasang tabung gas. Kebocoran biasa terjadi di sela-sela katup penghubung selang dan tabung. Tetesilah air di sela – sela katup tersebut. Jika ada gelembung air yang keluar berarti gas tersebut bocor.
2. Hati – hati dengan obat nyamuk bakar
Kebakaran juga sering terjadi akibat sembarangan meletakkan obat nyamuk bakar. Obat nyamuk bakar sebaiknya diletakkan jauh dari kertas dan bahan yang mudah dibakar.
3. Jangan pernah meninggalkan rumah dengan kompor menyala.
Kadang kadang orang terbiasa meninggalkan rumahnya pada saat memasak. Nah jauhilah hal yang seperti ini.
4. Alat- alat elektrik juga bisa menimbulkan kebakaran. Jadi berhati hatilah.
Jika kebakaran nyaris terjadi hal yang harus dilakukan adalah Jangan panic ketika api sudah merambat. Karna kepanikan bisa meluluhlantahkan semuanya. Yang harus kita lakukan adalah menutup sumber api itu dengan kain basah atau dengan karung goni.
Mungkin sekian postingan yang bisa saya berikan. Mudahan-mudahan bermanfaat.

4 komentar:

komentar dan kritik yang membangun sangat saya harapkan...
tapi jangan spam ya..........