Jumat, 12 Februari 2010

tips merawat busi

“Lebih baik menjaga dari pada mengobati, lebih baik merawat dari pada memperbaiki”. Mungkin itulah pepatah yang tepat agar tubuh dan kendaraan kita tetap terjaga kesehatannya. seperti halnya merawat tubuh, merawat kendaraan juga bukan hal yang sulit jika kita mempunyai niat yang besar untuk melakukannya. contohnya ketika kita merawat busi pada sepeda motor.
Meskipun berbentuk kecil, busi ternyata mempunyai fungsi yang sangat besar. Bahkan jika benda yang satu ini tidak bekerja dengan baik, maka mesin tidak akan bekerja secara maksimal. Maka dari itu agar mesin motor kita tetap sehat dan prima, berikut adalah beberapa cara merawat busi.
Ø Pertama, lepaslah busi dengan hati – hati karna setiap kendaraan memiliki ukuran kunci busi dan busi yang berbeda. Jangan sekali – kali kita mengguanakan kunci pas untuk membuka busi.
Ø Kedua, bersihkanlah terlebih dahulu bagian lubang busi dengan mengguanakan kain atau lap yang bersih. Dan periksalah drat pada lubang busi apakah drat lubang busi masih dalam kondisi bagus.
Ø Ketiga, mulailah membersihkan busi dengan tepat. Bersihkanlah busi menggunakan minyak tanah atau bensin. sikatlah busi menggunakan sikat kawat yang tidak terlalu kasar. Setelah busi bersih dan sudah kering. Bersihkanlah electrode masa dengan menggunakan kikir plat tipis atau amplas halus. Dan ukurlah celah busi untuk mengoptimalkan kinerja busi.
Ø Keempat, ukurlah celah busi sesuai ketentuan pabrik motor anda. Perhatikanlah jika busi terlalu renggang, maka tingkat pengapiannya akan berkurang. Hal ini menyebabkan menurunnya performa motor dan akan mengakibatkan meningkatnya pengguanaan bahan bakar atau boros. Sebaliknya jika busi terlalu rapat, maka tingkat pengapiannya akan tinggi tetapi sering terjadi ledakan pada busi tersebut. Maka dari itu celah busi harus sesuai dengan standar motor anda.
Ø Kelima, pasang busi dengan pas jangan miring. Kalau memasang busi tidak pas akan mengakibatkan drat pada lubang busi tersebut akan cepat tipis.
Ø Keenam, bersihkan busi secara teratur, usia perawatan busi biasanya tergantung dari cara peawatan anda. Maka dari itu agar usia pemakain busi dapat lebih panjang, sebaiknya bersikan busi setiap 5000 km, tapi kalau kondisi businya sudah buruk kewajiban anda untuk menggantinya dengan yang baru.
Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba……………………

2 komentar:

komentar dan kritik yang membangun sangat saya harapkan...
tapi jangan spam ya..........